CARA MENGUJI KEASLIAN PERAK

Mungkin kalian pernah membeli sekeping perak secara daring dari sebuah situs yang mencurigakan, atau teman Anda memberikan sekeping perak pada Anda. Mungkin kalian hanya ingin memeriksa perak peninggalan keluarga karena tidak begitu yakin akan keasliannya. Apa pun alasan Anda, Anda harus tahu cara menguji perak. Perak adalah suatu unsur kimia yang serbaguna. Perak asli terdiri dari 92,5 persen perak dan 7,5 persen logam lainnya, terutama tembaga. Perak asli lebih keras dibandingkan perak murni. Perak murni lebih halus dan sering disebut “perak halus”. Banyak barang sering keliru dianggap sebagai perak, jika benda-benda tersebut dilapisi perak (hanya ditutupi lapisan tipis perak halus). Geser ke langkah 1 untuk memulai pengujian perak. 

1. MENCARI CAP PADA PERAK
  • Cari tanda cap. Barang-barang yang dipromosikan sebagai perak dan dijual secara internasional harus dicap berdasarkan isi perak. Jika tidak ada cap, maka barangnya patut dicurigai. Mungkin barang tersebut masih berupa perak murni, tetapi dibuat di negara yang tidak mewajibkan cap.
  • Evaluasi peringkat cap perak internasional. Lihat potongan perak dengan kaca pembesar. Penjual perak internasional akan mengecap perak 925, 900 atau 800. Angka-angka ini menunjukkan persentase perak halus dalam potongan. 925 artinya potongan tersebut mengandung 92,5 persen perak. Cap untuk 900 atau 800 artinya potongan tersebut terdiri dari 90 atau 80 persen perak, dan sering disebut perak "koin".

2. MENGUJI KUALITAS MAGNETIK PERAK

  • Lakukan uji coba dengan magnet. Biasanya, magnet yang digunakan cukup kuat, seperti magnet rare-earth yang terbuat dari neodimium. Perak bersifat paramagnetiksehingga menunjukkan efek magnetis yang lemah. Jika magnet Anda menempel kuat pada potongan perak, berarti potongan tersebut memiliki inti feromagnetik dan bukan merupakan perak. Perlu diingat bahwa ada beberapa logam yang tidak menempel pada magnet dan dapat terlihat seperti perak. Oleh karena itu, lebih baik uji magnetis diiringi dengan uji lainnya juga untuk memastikan perak tersebut bukan logam.
  • Coba uji dengan cara menggeser magnet. Jika Anda menguji perak batangan, ada cara lain yang dapat Anda lakukan dengan menggunakan magnet untuk melihat apakah perak tersebut asli atau palsu. Buat sudut pada salah satu bar perak Anda sebesar 45 derajat. Geser magnet ke bawah. Magnet harus digeser perlahan-lahan. Hal ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, akan tetapi perak paramagnetik dan magnet rare-earthmenginduksi arus listrik dalam perak, di mana hal tersebut bertindak sebagai zat elektromagnetis untuk menciptakan efek pengereman yang memperlambat turunnya magnet.

3. UJI DERING
  • Sediakan beberapa potongan es. Simpan di lemari es sampai Anda membutuhkannya untuk pengujian. Meskipun kelihatannya es dan perak tidak dapat dipadukan, perak memiliki konduktivitas termal tertinggi daripada logam biasa atau campuran, dengan tembaga yang hampir mendekatinya. Uji es bekerja dengan baik pada perak koin dan batangan, tetapi akan sulit digunakan untuk menguji perhiasan perak.
  • Letakkan sepotong es langsung pada perak. Jangan alihkan pandangan Anda dari perak dan es tersebut. Es akan mulai mencair, seolah-olah es diletakkan pada suatu tempat yang panas, bukan pada suhu kamar.

LINK PEMESANAN KOIN PERAK INFO http://perak.co.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOIN PERAK BERHARGA DI INDONESIA

JENIS-JENIS PERAK YANG PERLU DIPAHAMI